-->

5 Tips Menulis Bagi Pemula oleh ILYAS AFSOH - OWNER AFSOH PUBLISHER

Jurus jitu menulis ini, saya praktekkan di tulisan tulisan saya di blog yang kemudian saya kumpulkan dan edit menjadi buku yang saya terbitkan, misalnya Cara Sederhana Menjadi Penulis Dahsyat. Tanpa panjang lebar, tips ini saya tulis mengalir saja, sambil saya dengarkan rekaman audio public speaking saya melalui hp himax di rumah Tenaru Driyorejo gresik Jawa Timur Indonesia.

Tips Pertama,
Tulislah Pengalaman harian Anda. 

Pengalaman harian itu, misalnya saya sebagai Trainer Motivator di ILYAS AFSOH INSTITUTE (IAI), menulis pengalaman mengajar di kelas TOT-M Di Yello Hotel Jemursari Surabaya dengan peserta seorang Doktor dari Lampung, Magister Dari Kota Metro dan Seorang Sarjana Pendidikan Islam Mojokerto.

.
Atau Pengalaman lainnya seperti Training Surabaya Public SPeaking Ilyas Afsoh Institute dengan foto workshop seperti di bawah ini, foto layar - flipchart dan x banner IAI Public Speaking Surabaya. Foto diambil sebelum peserta datang, saat persiapan cek sound - laptop, setting ruangan dan ruangan.
.

Tips Kedua
Menulis Hobi Anda 
AKan lebih mudah menulis sesuatu yang sangat kita sukai dalam hidup ini. Misalnya hobi saya yaitu membaca buku-buku motivasi seperti buku Berpikir dan Berjiwa Besar, Percaya dan Raih, Buku Motivasi Pak Mario teguh, Buku Marketing Pak Tung Desem Waringin, Anthony Robbin dan buku buku lainnya seperti pemsaran yang ada kaitannya dengan pengembangan diri. Berikut ini saya upload buku bisnis yang saya foto di Periplus Toko Buku Impor di Bandara Internasional A Yani Semarang.


Buku ini, ingin sekali saya bahas di basecamp IAI Public Speaking Semarang - Perum Sinar Bukit Asri 124 Kedungmundu Sinar Waluyo kemudian mengaplikasikannya ke dalam bisnis Training dan Coaching sebagai Jasa - TrainingPreneur.

Tips 3
Menulis dengan iringan Music 

Misalnya musik instrumen fly to polaris - the endless love jackie chan, ni wen wo aini teresa Tang, tujh mein rab diktha hai Sakhruk Khan -  atau lantunan sholawat habib syeich Solo yang panjang sampai satu jam. Tulis saja musik yang didengar sehingga menjadi kalimat panjang. Tulis saja ide-ide yang muncul saat mendengarkan musik, misal tentang syecher mania (pecinta habib syeich).

Tips 4
Menulis pegal di punggung sebelah kanan
tepatnya rasa yang muncul setelah perjalanan panjang menembus lalu lintas surabaya yang penuh sambil mendengarkan kisah driver gocar tentang entertain bos-bos mafia pengerjaan proyek di jawa timur senilai sekian trilyunan yang harus pusing karena berhadapan dengan audit BPK - KPK. Ya, ini menulis dan menulis saja mengalir dan akan diterbitkan di afsoh publisher sebagai catatan ayah pengusaha - ayah trainer : Pekerjaan utama momong Anak, penghasilan dari inhosue Training.


Tips 5
Menulis Agenda yang Akan DAtang 

Mungkin lebih asyik bila kita bahas - profil profil peserta Training Trainer Motivator Indonesia di tulisan mendatang, menulis harapan - undangan memberikan training di Lampung bersama LKP pak Didik dan Support Pak Mustakim Seorang PNS dan ASN Doktor Lampung - peserta Training TOT-M Hari ini di Surabaya.



Demikian Tulisan 5 tips menulis buat pemula seperti saya.
ILYAS AFSOH
INTERNET MARKETER INDONESIA
TINGGAL DI SEMARANG
0821-4150-2649
Back to Top