-->

Kemitraan Wedang Rempah WSR : Usaha Apa Setelah Pensiun?



1.  Big Question Mark in Our Head

Ada pertanyaan besar di dalam kepala setiap orang yang hendak  eeCBpensiun yaitu Apa yang akan dilakukan setelah pensiun kerja? Apakah dunia telah berakhir ketika pensiun datang? Usaha apa, sementara calon pensiunan tidak pernah berurusan langsung dengan bisnis? Setiap bulan menerima uang gajian, rutin, fasilitas kantor, tunjangan dan bonus, liburan. 

Pertanyaan lain yang sering melintas, apakah usaha yang dijalankan nanti mengunungkan atau malah merugi? Mulai darimana usahanya? Apakah usaha Online atau usaha offline? Bermitra dengan Siapa? Amankan ambil franchise atau bisnis opportunity? Kenapa semakin dipikirkan semakin tidak ada solusi? dan banyak hal lain yang cukup membuat calon pensiunan bila tidak bijak mensikapi maka semakin sesak di dada.

Tetapi bila respon calon pensiunan tepat maka waktu pensiun merupakan saat yang ditunggu-tunggu, masa paling indah setelah sekian lama bekerja di perusahaan, jadi Aparatur Sipil Negara, Seperti itulah konsekuensi pekerja di setiap level ketika mencapai usia tertentu maka wajib baginya untuk pensiun. 

2. Etika Wirausaha 

  Mengutip Brian Tracy at The Science of Money (Seni Menghasilkan Uang) halaman 55 : .... Etika Wirausaha, ..... Anda dapat memulai dengan apapun dan sukses secara financial. ....... Kemudian saya mengutip buku Pedoman Penyusunan Rencana Bisnis dari Vincent Gaspersz, saya cermati ada 9 hal pokok dalam Usaha Wedang Rempah Jahe. Secara detail akan saya jabarkan sebagai berikut : 

8 Hal Pokok Bisnis Wedang Sereh Rempah 

  1.  Management (Kemitraan) Wedang Sereh Rempah 
  2. Analisis SWOT Usaha Wedang Rempah 
  3. Deskripsi Usaha Wedang Rempah 
  4. Menentukan Pasar dan Pelanggan Wedang Rempah 
  5. Rencana Produksi (Operasi)  USaha Jahe Rempah 
  6. Management Bisnis Jahe Rempah
  7. Pengelolaan Keuangan Usaha Wedang Sereh rempah 
  8. Management Pengembangan Investasi 

Artikel ini berkaitan dengan management rumah kosong yang pernah saya tulis di blog ini, beberapa waktu lalu, terkait kerjasama usaha wedang rempah bagi pemilik Rumah- Ruko- Kios - atau lahan kosong yang potensial untuk dijadikan outlet Wedang Sereh Rempah berikutnya. 


3. Analisis Konsumen Wedang Rempah 

Analisis Pelanggan Wedang Sereh Rempah WSR 01 Mranggen, berdasarkan geografi konsumen merupakan pembeli yang tinggal di daerah Mranggen, Plamongan Indah, dan pembeli yang belanja di Pasar Mranggen, itu analisis pertama.
Aktivitas pembelian dilakukan secara individu, bukan karena aktivitas bisnis/industri, pemerintah/institusi, pesantren, murni personal.
Karena Pembelian secara individu maka tidak ada kaitannya dengan tanggung jawab sebagai pemilik bisnis, manager bisnis, pejabat pemerintah, karyawan/pegawai, yang dapat dioptimasi yaitu nyambung dengan pembeli agar konsumen beli lagi dan mengajak temannya/keluarga nya berkunjung nke wedang Sereh Rempah Mranggen 01.
Secara karakter, dapat dipetakan pembeli terbanyak yaitu pekerja, laki-perempuan ada, dan tidak terkait dengan afiliasi politik apapun, tetapi dapat dioptimasi misalnya anggota Club Taruna DTC, Jamaah Ngaji, Rekan Trainer/Coach, profesi hipnoterapi, alumni fakultas hukum Unissula Semarang, warga Persaudaraan Setia Hati Terate PSHT, dan masih banyak lagi yang dapat dioptimasi misalnya Online Marketer Group.


4. Mentoring Hati ke Hati Usaha Angkringan Wedang Rempah

Pentingnya Mentor membimbing kita dalam usaha bersadarkan ilmu, pengalaman, asam-manis nya wirausaha menjadikan pengusaha baru tidak perlu melakukan trial and error, sehingga tidak boros di waktu, biaya, dan pikiran. Tinggal ikuti langkah-langkah sang Mentor dalam membangun sebuah bisnis.

Idelanya Mentoring dilakukan setiap seminggu sekali, seperti yang saya lakukan di Wedang Sereh Rempah 01, di awal-awal membangun tim, pasar dan set-up bisnis, mulai mencari tempat, cara masak jahe, hingga cara delivery memberikan ke konsumen yang bungkus atau minum di tempat.

Dalam kesempatan mentoring kita ulas, kendala dan progress yang ditemui di lapangan. Mentor langsung cek apakah kebersihan tempat dan gelas terpenuhi? Cara menyapa konsumen sesuai SOP atau belum? Dan Modelling Usaha Wedang Sereh rempah secara total.


5. Tertarik Buka Usaha Wedang Rempah?

Paket usaha Wedang Sereh Rempah ini, terbilang sangat terjangkau, karena ANda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah Ratusan Juta untuk beli Franchise seperti Alfamart/Indomart, Anda cukup Investasi di Angka Rp 10 Juta Saja, Nilai yang sangat terjangkau bagi Pensiunan atau PNS yang siap-siap membangun usaha sebagai Investor.

Anda dapat Menghubungi nomor kontak Admin kami di 0858-6507-9257 (Indosat dan WA) untuk melakukan tanya jawab seputar usaha wedang rempah ini, pertemuan dapat dilakukan secara offline di Outlet Wedang Sereh Rempah 01 Mranggen Demak - Jam 19.00-21.00 wib.

Atau dapat kita jadwalkan secara online di Zoom meeting / streaming media, jadi siapapun Anda sejauh apapun/ di belahan bumi manapun dapat melakukan kontak kepada kami. Hal ini kami berlakukan buat TKA - TKI Indonesia yang tinggal di Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Hingkong, Jepang, Australia yang ingin membuka usaha sebagai Investor.

Ilyas Afsoh | Manegement WSR Indonesia 0821-4150-2649



Baca Artikel Menarik di Blog Transformasi Diri : Praktek Usaha Nasi Kotak dan Tumpeng Yang Menginspirasi

No comments:

Post a Comment

Back to Top