-->

Berapa Tarif Professional Motivator Indonesia?

Saya tuliskan rahasia seorang Trainer Motivator Indonesia - Berapa dia dibayar ketika tampil memotivasi?

Jawaban idealnya yaitu : Rp 100 Juta per bulan.



Lalu bagaimana menghitungnya?
Cara menghitungnya sederhana, apabila sang Trainer-Motivator itu bekerja hanya Sabtu dan Minggu dalam sebulan, dengan asumsi 4 Minggu per bulan maka Motivator dibayar per Sabtu-Minggu Rp 25 Juta.

Rp 25 Juta merupakan angka muncul bagi Trainer-Motivator dengan bayaran Rp 100 Juta per bulan.

Apakah Rp 25 Juta itu negotiable atau fix?
Jawabnya fix.
Sebab seorang Motivator- Trainer atau Coach - Konsultan- atau apa saja namanya, telah mencurahkan tenaga - upaya -doa - pikiran untuk mencapai Transformasi Pribadi bernilai rp 100 Juta per bulan, dan telah mengkonsentrasikan transformasi bagi orang-orang yang disentuhnya senilai Rp 100 Juta (Transformation).

Apakah layak bila Rp 25 Juta per Sabtu-Minggu dihitung menjadi angka angka per jam. Misalnya per hari dinilai Rp 12,5 Juta. dan dalam sehari 8 jam maka per jam = 12,5 Juta dibagi 8 jam , ketemunya : Rp 1.562.500 per jam. Kemudian dibulatkan ke atas sper jam nya Rp 2 Juta. Sampai di sini, masih OK, Rp 2 Juta per jam.

Lalu apakah boleh Perusahaan itu mengundang Motivator - trainer - Pembicara - Coach itu dengan durasi 1 Jam dan membayar Rp 2 Juta saja?
Jawabnya tidak boleh.
Sebab, ibarat membeli sebuah produk, ada minimal order, maka seorang Trainer juga punya minimal order yaitu 8 Jam- jadi ketemunya  tetap Rp 16 Juta per hari.

Andai saya mengerti logika hitung-hitungan minimal seperti ini sejak awal sebagai Trainer maka saya dengan yakin dan mantap ketika mendapat tawaran manggung di sebuah perusahaan dengan logika yang saya tuliskan ini.

Hal ini, dapat menjadi acuan dan penjelasan bagi HRD yang mau mengundang Trainer-Motivator - Coach.

Tetapi ada lho, Trainer Motivator yang rela dibayar berapapun, bagaimana itu?
Nah, itu di luar topik pembahasan di sini. di Artikel ini saya bahas Bayaran Tarif Professional Trainer - Motivator. Kalau yang bayaran seiklhasnya itu Motivator berbagi.

Aneh bukan, bila perusahaan professional meminta jasa Professional Motivator dengan fee MOTIVASI BERBAGI.

Lho, kok mahal baget?
Jawabnya ya, sesuatu yang berkualitas bagus itu memang Mahal. "Ada rupa, ada Harga," Ingat ini professional.

Lho kok mahal Banget?
Jawabnya, Tidak Juga, sebab ada juga pembicara yang bayarannya per jam bukan hanya Rp 2 Juta. Ada pembicara yang dibayar per datang Rp 100 Juta. Nah, ini beda lagi. 

Terlepas dari orang lain setuju atau tidak dengan ulasan ini, ini hak mereka. Sebab masing-masing orang punya value - Nilai, dan kita dibayar sesuai dengan Value yang kita miliki - jalankan.

Info Bagi Anda yang Mau Jadi Motivator/ Trainer Profesional? 

ILYAS AFSOH | TRAINER MOTIVATOR INDONESIA
0821-4150-2649



Back to Top