-->

Jangan Meminta Project (Training Corporate - Inhouse Training Perusahaan)

 


"Amalan yang dicintai oleh Gusti Allah Ta`ala adalah Amalan yang terus menerus meskipun itu sedikit," Hadits Riwayat Muslim 

Berikut ini tahapan yang saya lakukan untuk mengadakan Online Training Zoom : 

1. Kirim Surat Penawaran Online Training 

Setelah mengirimkan surat Penawaran Training Online via Zoom Meeting kepada Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FMIPA UNNES Semarang Jawa Tengah Indonesia, saya berpikir untuk memanfaatkan link tetangga saya yang menjadi Ketua PRODI di UPGRIS Semarang perihal zoom meeting untuk Karyawan dan Dosen UPGRIS, tetapi niat tersebut saya urungkan karena mendadak ada dalam pikiran saya, "Jangan Mengemis Inhouse Training, tetapi buatlah iklan Online di Internet, maka saya tuliskan pemikiran tersebut di Blog hidupbaru.net ini.

Surat permintaan narasumber yang pernah dikirimkan ke saya, satu persatu akan saya upload di Blog Transformasi Hidup ini. Tujuan Upload sebagai media Personal Branding sebagai Pembicara Motivasi, Training and Coaching Indonesia. 

Tujuan kedua sebagai media berbagi - sharing pengalaman bagi anak-anak muda atau Senior di perusahaan - pensiunan yang ingin memulai karier sebagai Inspirator Indonesia, Motivator Dunia, Caoching ataupun Terapist Pemberdayaan diri. 


2. Tujuan Lain Online Zoom Meeting 

Tujuan ketiga pembuktian diri dalam menulis produktif di media online berbasis blog, karena menulis offline di buku, di sosial media kurang menggigit bagiku. APalagi ketika saya tahu ada blogger senior yang mampu mendapatkan 400 Juta per bulan dari Tulisan di Blognya, sementara itu Malik Sumbodo - konon dapat 1 Miliar dari ngeblog. 

Kembali kepada Tidak Meminta Project dalam Corporate Training, apalagi akal-akalan project kong-kalikong perihal bisnis Training, hal tersebut tidaklah sesuai dengan hati nurani saya yang fokus memberdayakan - bukan memperdaya. 

Contoh sederhana di Video di atas, merupakan project Public Speaking Training untuk Ibu PKK Kecamatan Grogol Surakarta - Solo. Sesi berbagi di atas dilakukan di Gedung Srikandi, bermula dari outcome Bu Sinto yang ingin membekali kader PKK nya kemampuan konseling dan Kemampuan Bicara di depan banyak orang dengan percaya diri. 

3. Konsisten Membuat Content Bermanfaat 


Order-order yang masuk berasal dari ketekunan menulis di blog Motivator Indonesia, Training of Trainer di www.public-speaking.id, dan referensi dari klien yang pernah menjadi klien kami.Termasuk ketika membuat jadwal Seminar rutin di kota -kota besar seperti Semarang, Solo Jogja Jakarta Bandung Lampung Makassar Denpasar, hingga Papua menjadi tolok ukur eksistensi (baca:survive) dari seorang Pembicara Publik. 

Kabar baiknya sekarang, untuk membuat Seminar yang dapat menjangkau dunia, sangatlah mudah, cukup dengan streaming memakai fasilitas streamyard.com atau zoom meeting, dan sekalian sudah streaming live di youtube. Saya mendesain Seminar Tiap Malam setiap hari 2 Jam, memfasilitasi perubahan hidup dari para peserta Training Online. 

Misalnya sebagai berikut jadwal rutinnya :
Senin : NLP 
Selasa : Hypnosis Hypnotherapy 
Rabu : Public Speaking and Trainer Motivator 
Kamis : Internet Marketing 
Jumat : Coaching 
Sabtu : UKM Training 
Minggu : Menulis dan Menerbitkan Buku 

4. Langkah Menghadapi Digitalization Training 


Pelatihan Online sebenarnya sudah sejak lama telah ada, bahkan ada yang membuat automation terkait bisnis trainingnya secara online, dan berdasarkan update terbaru saat ini, Mc Kinsey merilis action dalam menghadapi dunia digital diantaranya : 

  1. Ikuti dimana uang bergerak 
  2. Gerak cepat dengan menggunakan data 
  3. Tantanglah segala Hal- karena segala hal di dunia ini berubah dengan cepat 
  4. Jagalah Talenta-talenta hebat 
  5. belilah kemampuan dari pihak ke-3, jangan membuat sendiri 

Saat ini, uang Training beralih dari offline ke Online, ya mungkin ke depannya kolaborasi antara Online dan Offline. Saya pun telah menyiapkan platform-platform training online seperti : Training Public SPeaking Online, NLP Online, Hypnotherapy Online, Coaching Online, Internet MArketing. 

Berikut gambaran penjualan Training online yang Rp 100.000,- dan meraih peserta 100.000 maka uang yang di dapat = 100.000 Rp x 100.000 peserta = Rp 10.000.000.000,- (10 Trilyun). Hal ini sangat memungkinkan dilaksanakan di Indonesia dengan melihat jumalh penduduk yang 250 Juta. 




5. Berlatih Zoom Online Training 

Cara saya melatih fasilitas zoom Online Training dengan mencoba secara mandiri, live on facebook, live on youtube dan hasilnya laptop saya jadi lemot, kursos tidak dapat digerakkan karena terlalu banyak aplikasi yang saya running sekaligus. 

Berlatih one- on one dengan Bu Yuanis Ketua Fraksi DPRD Sorong dengan topik Public Speaking Training ,"Bagaimana membuka percakapan dan public Speaking di hadapan pejabat Senior dan Kementrian Dalam Negeri?" 

Latihan kedua bersama Mas Surya Erlangga, via zoom hasilnya live di youtube OK, tetapi di laptop saya tidak nampak, kemudian saya pindah ke stremyard dan live 2 jam di Facebook. 

Dari sini saya paham bila, saat live zoom yang berlisensi, saya cukup fokus di zoom dan merekam lokal di komputer tanpa live streaming  Online Training. 

6. Merekam Foto Training dan Upload ke Blog - Youtube 

Hal ini dilakukan agar kita semakin kuat personal brandingnya sebagaimana video training berikut ini, yang saya screen shoot di powerpoint : 


Selain diupload juga dipdf ke Panitia FMIPA Universitas Semarang sebagai bukti laporan kegiatan pelaksanaan pelatihan dan motivasi Online Menjadi Pemimpin efektif. Hal saya dapati yaitu dua jam sesi perekaman di hard disk komputer apabila di upload secara online maka membutuhkan kuota dan waktu proses upload sampai dapat dinikmati oleh pencari info : Becoming Effective People. 




Back to Top