-->

Manfaat Bersyukur Bagi Manusia, Ini Jarang Disadari



Ada banyak manfaat bersyukur bagi manusia. Masalahnya, manfaat-manfaat tersebut jarang diingat. Kebanyakan orang hanya menganggap bersyukur adalah sebuah kewajiban. Untuk bertransformasi ke arah yang lebih baik, syukur adalah sifat wajib yang dimiliki.

Sebenarnya pemahaman tentang syukur sendiri berubah-ubah. Beberapa orang menganggap syukur sebagai perilaku berlapang dada. Beberapa yang lain bahkan menganggap syukur sebagai menikmati dengan sepuasnya.

Selalu ingat bahwa syukur membutuhkan porsi yang tepat. Adalah sebuah kesalahan jika proses bersyukur malah diarahkan untuk bertindak negatif. Beberapa orang bahkan menjadikan syukur ini tameng untuk tidak berjuang.

Hal tersebut jelas tidak boleh dibiarkan. Dengan adanya perubahan makna syukur ini, pastikan untuk tidak mengikuti arus yang ada. Pahamilah bahwa makna syukur selalu bernada positif dan bertujuan untuk merubah manusia menjadi pribadi yang lebih baik.

Manfaat Bersyukur Bagi Manusia yang Dirasakan

Ada banyak manfaat yang akan didapat ketika bersyukur. Tentu ini hanya akan didapat ketika syukur yang dilakukan memiliki nada positif.

Jika syukurnya saja sudah negatif, besar kemungkinan manfaat ini tidak akan didapat. oleh sebab itu, berikut beberapa manfaat yang akan dirasakan.

1.      Perasaan Nyaman

Kenyamanan dalam hidup adalah manfaat bersyukur bagi manusia pertama. Dalam hidup terdapat sebuah hukum yang bernama hukum daya tarik. Beberapa orang mengenalnya dengan sebutan law of attraction.

Hukum ini mengatakan bahwa seseorang akan merasa lebih nyaman ketika mensyukuri apa yang dimiliki. Dari kenyamanan itu, akan muncul sebuah efek bernama kebahagiaan. Inilah efek yang seharusnya dikejar.

Selain akan membuat nyaman, syukur juga memiliki efek terhadap energi positif. Ketika seseorang sudah dialiri energi positif, dunia akan terasa menyenangkan.

Sebaliknya jika tubuh dikuasai oleh energi negatif, perasaan menyenangkan akan hilang. Dengan bersyukur dan menambah energi positif dalam diri, energi negatif yang mengganggu akan bisa dihilangkan dan didominasi.

2.      Emosi Positif

Manfaat bersyukur bagi manusia selanjutnya berhubungan dengan emosi positif. Emosi positif ini sangat penting dalam menjalani hidup. Dalam hidup sendiri terdapat dua jenis emosi yang berlainan. Kedua jenis emosi tersebut antara lain emosi positif dan negatif.

Ketika emosi negatif berhasil menguasai diri, efeknya bisa fatal. Itu karena emosi negatif tersebut hanya akan membuat seseorang tidak nyaman. Segala hal akan terasa buruk karena keberadaan emosi negatif.

Oleh sebab itu, syukur bisa dijadikan jalan keluar dari permasalahan ini. Dengan selalu bersyukur, segala hal akan dilihat dari sudut pandang yang baik.

Ini jelas berpengaruh pada proses mental pada diri seseorang. Terdapat banyak orang yang mengalami masalah karena dirinya dikuasai emosi negatif.

3.      Membentuk Pola Pikir

Orang sukses adalah mereka yang berjuang keras. Namun orang sukses bukanlah pribadi bodoh yang tidak mengetahui batasannya. Ketika seorang sukses sudah berjuang, mereka pasti menghargai perjuangannya. Ini dilakukan dengan cara bersyukur.

Itulah pola pikir yang sudah ditanamkan dan akan terus bertahan selamanya. Namun yang jadi masalah, membentuk pola pikir tidak bisa dalam waktu cepat. Ini akan sangat sulit terlebih untuk mereka yang sudah berumur.

Dibutuhkan konsistensi untuk bersyukur dalam waktu lama. Namun jika sudah mengetahui hasilnya, seseorang akan menyadari bahwa ini merupakan hal yang sangat penting. Merupakan kesalahan jika poin dari manfaat bersyukur untuk manusia ini tidak diingat.

4.      Tenang

Manfaat bersyukur bagi manusia selanjutnya sangat penting. Hati yang tenang begitu dikejar oleh sebagian orang. Ini wajar mengingat pembentukannya sendiri terbilang cukup sulit.

Terlebih lagi untuk mereka yang beraktivitas secara padat di kota besar. Ada banyak hal yang sangat mengganggu dan memengaruhi ketenangan diri. Jika dibiarkan, perasaan damai pasti hilang dan diri akan selalu terguncang.

Untuk mengatasi ini, syukur jelas merupakan jalan keluar terbaik. Ketika selalu berlapang dada terkait setiap hal, seseorang akan lebih tenang.

Ketenangan ini jelas membuat jalan keluar dari masalah akan bisa dilihat. Mencari jalan keluar dengan terburu-buru hanya akan membuat masalah tersebut menjadi semakin besar.

5.      Menghindari Penyakit

Manusia adalah makhluk yang sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit. Ini biasanya terjadi ketika salah satu organ pada tubuh bermasalah.

Siapa sangka manfaat bersyukur bagi manusia memiliki hubungan dengan pelindungan organ. Itu membuat seseorang yang sering bersyukur akan terhindar dari risiko berbagai macam penyakit.

Ini bukan isapan jempol belaka. Pernah dilakukan penelitian pada tahun 1995 mengenai hal ini. Penelitian tersebut dimuat di sebuah jurnal cardiology di Amerika. Penelitian tersebut membuat bahwa orang yang sering bersyukur akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Ini juga bisa digunakan ketika ingin melakukan penyembuhan sebuah penyakit. Pastikan untuk terus bersyukur agar regenerasi sel menjadi lebih optimal.

6.      Menjauhi Penyakit Hati

Manfaat bersyukur bagi manusia berikutnya berhubungan dengan penyakit hati. Ada banyak penyakit hati yang sering dialami manusia. Penyakit hati tersebut seperti dengki, iri, hingga sombong.

Setiap orang pasti memahami bahwa perilaku semacam itu merupakan hal negatif. Namun kalaupun tahu, menjauhinya begitu sulit. Penyakit hati seperti sebuah candu yang sulit dihilangkan. Dibutuhkan konsistensi tinggi agar penyakit tersebut bisa menghilang.

Salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan adalah bersyukur. Dengan terus bersyukur, penyakit hati akan hilang sedikit demi sedikit. Memang prosesnya tidak sebentar. Namun jika dilakukan secara terus menerus, manfaat dari hal tersebut pasti akan terasa.

7.      Santai

Manusia adalah makhluk yang sering terburu-buru. Ketika manusia terburu-buru, ada banyak masalah yang akan tercipta. Pertama pekerjaan tidak akan selesai dengan hasil maksimal. Itu karena, terburu-buru membuat poin penting sering terlewat.

Kedua berhubungan dengan cara berpikir. Ketika seseorang terburu-buru, sulit untuk berpikir secara logis. Sering kali apa yang dipilih bukanlah pilihan terbaik.

Oleh sebab itu, sikap terburu-buru perlu dihilangkan. Ini sangat berhubungan dengan manfaat bersyukur bagi manusia selanjutnya. Ketika manusia bersyukur, orang tersebut akan lebih santai. Itu karena, segala hal yang menjadi halangan akan diterima begitu saja.

Ini jelas merupakan modal yang sangat besar. Sikap terburu-buru sering muncul karena apa yang terjadi dirasa tidak sesuai dengan harapan awal. Itu jelas merupakan hal yang sangat berkebalikan dengan sikap santai.

8.      Sejahtera

Hidup sejahtera diinginkan oleh setiap orang. Siapa sangka ini merupakan manfaat bersyukur bagi manusia yang terakhir. Bersyukur dan kesejahteraan hidup adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Ketika seseorang bersyukur, seseorang akan menjadi lebih optimis. Itu karena orang tersebut akan lebih siap terhadap setiap konsekuensi. Ini jelas merupakan modal hidup sejahtera yang sangat besar.

Dengan itu, seseorang akan bisa lebih maksimal dalam melaksanakan setiap proses. Bersyukur juga akan membentuk mindset yang positif.

Mindset ini membuat segala hal dipandang dari sudut pandang positif. Itu jelas membuat seseorang bisa memanfaatkan setiap peluang dan selangkah lebih dekat menuju kesejahteraan.

Jika ulasan di atas dirasa belum lengkap dalam membahas syukur, gunakan saja jasa dari hidupbaru.net. Kami dari hidupbaru.net memiliki fokus lebih terhadap bidang ini. Dengan adanya fokus lebih tersebut, Anda pasti bisa lebih memahami apa itu syukur.

Tentu ini akan menjadi modal besar. Memahami manfaat bersyukur bagi manusia akan membuat seseorang bisa bertransformasi ke arah yang lebih baik.




Back to Top