-->

PENTINGNYA MINDFUL LISTENING, Mengembangkan Kesadaran Untuk Mendengarkan Sepenuhnya

| 6:28 AM |


Apa itu Mindful Listening?, Minful Listening adalah proses mendengarkan dengan penuh perhatian, penuh kesadaran dan tidak ada penghakiman ketika kita berinteraksi dengan orang lain.

Menurut Dr. Joseph Dispenza, dalam keadaan normal manusia hanya mampu memproses 2000 dari 400 miliar informasi yang masuk ke dalam otak. Jika kita tidak mendengarkan dengan penuh kesadaran, bisa-bisa kita kehilangan kesempatan  seperduaratus juta informasi yang coba orang lain sampaikan kepada kita.

Bagaimana Caranya Meningkatkan Mindful Listening pada diri kita,

1.      Mendengarkan dengan penuh kesiapan dan kesadaran, untuk benar-benar mendengarkan orang lain, hati dan pikiran kita harus sepenuhnya berada dalam masa sekarang (being present), bukan berada pada masa lampau atau masa yang akan datang.

2.     Mendengarkan dengan sabar dan penuh empati, hargailah mereka yang mau membuka diri terhadap kita karena perjuangannya membuka diri itupun tidak mudah. Dengarkanlah mereka dengan sabar dan penuh keyakinan bahwa kita mendengar untuk benar-benar memahami mereka.

3.  Mendengarkan tanpa ada penghakiman, mereka yang bercerita berharap bahwa kita sebagai pendengar memahami sudut pandangnya terhadap sesuatu dan berempati terhadap hal itu, bukan mendengarkan dengan kesipan dan bahasa tubuh untuk menimpali atau menggurui.

Manfaat dari Minful Listening, dapat membantu anda menyadari gangguan sehingga anda dapat kembali fokus dan mendengarkan secara sadar. Dalam bukunya tahun 2000, “The Zen of Listening,”. Shafir mengatakan bahwa Mindful Listening membantu untuk mempertahankan informasi, mempertimbangan pengaruh kata-kata anda, memperhatikan lebih lama, meningkatkan harga diri. Mendengarkan sudah seharusnya kita lakukan dengan penuh kesadaran dan perhatian untuk dapat memahami mereka yang berbicara kepada kita. Yakinlah bahwa kita benar-benar peduli dan bukan hanya sekedar ingin tahu.

No comments:

Post a Comment

PRIVAT PUBLIC SPEAKING

Back to Top