-->

Satu Tahun Persiapan Jadi Trainer

 Anda mau jadi Trainer Profesional?


Tidak banyak Trainer yang mau berbagi rahasia menjadi Trainer Profesional secara terbuka dan blak-blakan - apalagi itu berkaitan dengan rahasia dapur dunia Training and Coaching. Di Training of Trainer 28-29 Oktober 2023 kita siap berbagi semua hal terkait Training Personal, Privat, Public dan Corporate. 

3 Bulan Pertama jadi Trainer 

Hal yang laing menentukan bagi Trainer yaitu menentukan outcome (Melibatkan NLP) yaitu Bidang layanan pelatihan apa saja yang Anda siapkan? 

Di sini saya menentukan bidang Training Ilyas Afsoh Institute yaitu NLP and Coaching, Public Speaking, Hipnotherapy, Digital Marketing, Train The Trainer Motivator, Motivational Coaching, Writing, Grafologi sebagai pondasi awal. 

Selanjutnya ketika bertemu dengan Corporate kami siap diskusikan materi custom apa yang diinginkan misalnya Public Speaking Skill Untuk Kepala Cabang, Effective Communication Skill for Frontliner, Service Excellent with Heart and Mind, Stree Management, Leadership for Supervisor. 

Tidak ada salahnya Anda menyiapkan profil perusahaan Anda, Misal Syahfa Excellence dengan badan hukum CV diwakili dengan personal Blog Hidupbaru.net, dan ada katalog produk di dalamnya. Plus para assosiate Trainer yang tergabung, misalnya Anda punya koneksi 77 Trainer dengan bidang keahlian masing-masing. 

Langkah Penting berikutnya yaitu membangun Keterhubungan di Media Sosial dengan membuat konten menarik, edukasi. dan Saya sudah memulai hal ini sejak zaman menulis Artikel di beberapa blog yang saya kelola. 

MODAL AWAL SEBAGAI TRAINER 

Ada beberapa pilihan sebagai Trainer, bisa tanpa modal - yaitu dengan gabung dengan Trainer lain yang sudah jalan dan aktif memberikan Training di panggung ke panggung dari kementrian, bumn, ukm, perusahaan. 

Tipe kedua dengan menyiapkan legalitas seperti PT, CV, sesuai budget kemampuan ANda misalkan minimal 5-7 Juta rupiah. Di sini Anda perlu konsultasi dengan Notaris terpercaya untuk membahas badan hukum Training Anda. 

TIGA BULAN KE-2 (Q2) 

Memasuki bulan April, Mei, Juni merupakan bulan konsisten bikin konten du media sosial, mulai facebook, instagram, tiktok, bahkan youtube, Ini penting agar market mulai mengenal diri Anda sebagai Trainer expert di bidang tersebut. 

Ada dapat mempromosikan kelas-kelas pendek, dengan 1 teknik efektif dan aplikatif, contoknya Easy to Quit Smoking yang saya inisiasi dengan Behavior Terapist Bambang Nugroho dan siap launching di tanggal 27 Oktober 2023, berikut simple flyer nya :


Sharing tips dengan keilmuan daging seperti ini menjadi penghantar Trainer untuk bertemu calon klien dari Corporate dan kita mulai diundang untuk masuk ke perusahaan, bumn, atau kelas para UKM, Kabar baiknya satu job per bulan untuk kelas inhouse training, merupakan sebuah prestasi bagi Trainer Pemula. 

Layanan yang kami kembangkan di Ilyas Afsoh Institute misal dengan basis keilmuan NLP, Hipno, Public |Speaking and Coaching kami kreasikan menjadi Presentasi Efektif untuk Bisnis, Presentasi Sidang Akhir untuk Mahasiswa, intinya skill yang disiapkan berbasis kebutuhan market potensial. 

Memiliki Associate Trainer sebagai tim Trainer sangan mensupport kita dalam mendeliver Training Program kepada Klien. Dapat berupa kerjasama project, dan data-datanya dicantumkan di profil usaha kita, saat ini saya ada 77 data Trainer Nasional dan Internasional. dan data ini siap saya buatkan portofolio plus blog tersendiri. 

3 Bulan ke-3 (Q3) 
Memasuki Bulan Juli- Agustus-September lanjutkan konsisten sharing di Media channel yang kita buat, mulai targetkan komunitas-komunitas bisnis/profesi, Mulai buat kelas Training Full satu hari sampai dua hari, Mulailah membidik hot prospek, undang hot prospek ke dalam Training kita, dan Yang penting yaitu melakukan komunikasi after sales kepada klien. 

Di sini apabila dibutuhkan untuk ikut sertifikasi, seperti kelas TOT - Train The Trainer maka ini saat yang tepat karena Anda telah mendapat income dari Training yang Anda selenggarakan. 

Bagaimana dengan Sertifikasi BNSP? 
Cukup banyak pertanyaan yang diajukan perihal ini, jawabnya sesuai kebutuhan Anda saja, misal Anda memang butuh, silakan diambil, meskipun ada juga Trainer yang memang sangat kompeten tetapi belum ambil perlunya BNSP. 

3 Bulan Ke-4 (Q4)
Pada Bulan Oktober-Nopember dan Desember kita benar-benar siap melayani permintaan full training, dari kelas-kelas Training Public - saat ketemu dengan klien : gali kebutuhan Training di Perusahaan Klien, misalnya Leadership Mastery untuk Manager dan Owner.

Medsos terbaik untuk Training dengan pasar corporate yaitu Linked In, cobalah aktif di sana dan jalin pertemanan dengan sesama Trainer , para HR dan HRD, Manager, bahkan Owner Perusahaan. dan saat prospek mulai ingin tahu siapa kita, tinggal berikan link media sosial, web, proposal dan penawaran. 

Salam TrainingPreneur 
Ilyas Afsoh 
 


promosi : NLP for Hipnoterapis Bandung

Back to Top