-->

SPIRITUAL TRAINER INDONESIA

 Hari Jumat di kelas Bisnis Mentoring Training Online melalui media Groups WhatApps kami berdiskusi perihal 6 point moment spiritual yang ada di dunia pelatihan Indonesia terkait omset, penjualan dan income seorang trainer, tulisan ini dibuat mengalir saja - tidak formal ya teman-teman!

1. Perjumpaan dengan Manusia 

Lazim disebut bahwa silaturahmi itu membuka peluang training, dengan catatan Anda bertemu calon klien dari perusahaan yang membutuhkan Inhouse Training atau corporate Caoching, Sementara itu ada Trainer Vibrasi yang mengatakan sumber masalah itupun diawali dari silaturahmi - datang karena mau pinjam uang - he heh he - Kita bahas peluang dari Silaturhami aja ya!

Aktivitas bertemu dengan orang-orang yang memang terkait dengan aktivitas Training, bukan aktivis demo apalagi aktivitas Memancing. Temui mereka calon klien Anda- ajak diskusi dan bahas dunia Training, apa kebutuhan mereka. 

Kreativitas Anda sebagai trainer tentu sangat menentukan kira-kira dimana Anda dapat bertemu dan bergaul dengan para pegiat Dunia pelatihan Corporate. Misalnya buat kelas Training Gratis secara Online, intinya silaturahmi dulu. Tidak ambil untung di sini. 

2. Learning 

Apaa iya orang yang tugasnya mengajar tetapi tidak mau mengajar? Hal ini berlaku bagi Trainer dan Pebisnis Training, event Organizer. Semangat tinggi untuk belajar berbanding lurus dengan order training yang kita dapatkan. Saat belajar jadi malas, maka peluang Training / Tawaran Training jadi kendor juga, meredup. 

Cara belajar nya :
1. Baca Buku 
2. Mencermati Video Youtube 
3. Praktek Ilmu tersebut 
4. Membagi ulang di Blog dan membuat powerpoint kemudian di sharing-kan secara offline dan online (Channel Youtube). 

Sebagai Contoh dalam 5 hari Senin sampai Jumat kita full di dunia Training :
a. Persiapan 
b. Desain Materi 
c. Delivery 
Maka siapkan 2 hari untuk belajar keilmuan yang revelan dengan topik Training Kita. Bahasanya Steve Job "Connect The Dot". Dengan belajar kita mendapat pencerahan. 


3. Help Other People / Trainer 

"Sesunggunya Gusti Allah membantu hambanya, selagi hamba itu menolong saudaraNya," Materi ini aku dapatkan di Kitab Nasoihul Ibad karya Syeich Nawawi Albantani, saat ngaji dengan Ustadz Nurchasan Tenaru Driyorejo Gresik, Badha Shubuh - Ngaji Ramadahan di Masjid Darussalam. 

Dari Channel Ngaji roso di Youtube ketemu konten Coach Santo yang memberikan ide dengan membersihkan kaca masjid/musholla dengan seijin pengurus, memberi pesan kepada bawah sadar dan semesta bahwa kita Berguna - Bermanfaat. Maka tidak lama setelah itu beliau dapat order ngisi Training di Corporate.

Bantuan dapat berupa :
a. Materi Fisik 
b. Non fisik : Moril, Motivasi, Support 
Siapa yang membantu memberi manfaat maka dibukakan pintu-pintu kesempatan dan rejeki. 

Bantuan boleh ditawarkan kepada orang lain, atau kepada Trainer lain dengan bayaran alakadarnya, karena kata kuncinya adalah berbagi skill, ikut belajar, berbagi pengetahuan bagi yang membutuhkan. 

4. Mitos "Diuji dengan Materi yang diajarkan" 

Ada Trainer yang menolak jadi hipnoterapis karena tidak nyaman dengan harus berlama-lama mendengarkan klien curhat, katanya curhat tersebut menjadi memori dan nempel di lokasi dimana klien curhat, bisa di benda atau tempat. 

Sementara Trainer yang lain mengatakan bahwa Trainer tidak akan diuji dengan apa yang dikatakannya/diajarkannya karena Trainer tersebut telah selesai dengan dirinya sendiri, ia tahu kualitas dirinya, dan semua keyakinan kembali kepada masing-masing Trainer , Mitos itu akan menjadi kenyataan bila itu yang mereka Yakini. 

Kata kunci lainnya : Sampaikan Materi dengan kapasitas, pengalaman, sehingga Trainer dapat menjawab sesuai dengan ke-Expert-an Nya. Mengutip guru saya, Life is Vibration Game



5. HEALING AND GROUNDING 

Ini adalah cara menghargai diri sendiri, sejajar dengan penghargaan kita kepada klien. Ingat ada saat bekerja keras ada saat untuk istirahat dengan keras, memulihkan energi, pijat untuk lelah letih, bekam untuk fisik dan relaksasi mandi di pantai atau grounding di Sendang Kalimah Thoyibah Nyatnyoto Ungaran. 

Saat Kondisi Lelah, istirahatlah. Begitu kita Fresh : orderan Training muncul kembali, datang lagi bertubi-tubi.

Salah satu guru saya, bila order Training seret, istighfar, bertaubat mungkin banyak dosa yang dilakukan tanpa disadari atau disadari. Ada yang menyarankan sholat tahajud, wirid, sampai bersedekah. 

6. NAIK KELAS - 

Coach / Trainer yang ingin dibayar besar maka pantaskanlah diri dengan ikut Training, Sertifikasi, berinvestasi memantaskan diri, tidak menawar dengan sadis, tidak minta diskon, bayar semua biaya yang dibutuhkan untuk pantas dibayar mahal. Cek berapa budget biaya belajar kita sebagai Trainer?

Ikut kelas Training yang jelas keilmuannya, belajar serius, teruji pematerinya, dan program seperti ini pasti tidak murah (Murahan). Ada satu mindset yang tertanam ketika kita siap bayar mahal untuk belajar maka kita siap dibayar mahal untuk Training yang kita selenggarakan. 

Ikut Sertifikasi Mahal pun perlu realistis, sesuaikan budget dengan kebutuhan keluarga, kebutuhan dasar kita. Knowledge datang dan pergi dengan mudah, Dan Insight (Pencerahan) tinggal selamanya. 

Ide dari Artikel ini - Saat jual Training ke Corporate gunakan kalimat sederhana misalnya : 
1. Selling Skill for Frontliner 
    Cara Menjaring Omzet dari Garis Depan 
2. Komunkasi Efektif untuk Pimpingan Cabang 

Hindari Menulis Judul Pelatihan yang Click Bait. 
Info Bagi teman-teman yang mau upgrade Diri di Sertifikasi NLP Train The Trainer (Neuro-Linguistic Programming ) : Memahami Dunia Unik Manusia, dimana setiap pribadi sukses, belajar NLP. 
Kami juga ada kelas untuk Trainer, Program Training of Trainer 
Back to Top