-->

HIDUP BARU SEBAGAI TRAINER [LEARNING & DEVELOPMENT]

 Sejak 2014 Sejak Anak Aufa Alkholqi lahir, saya memutuskan menjadi full Trainer Professional. waktu itu kelas yang aku selenggarakan yaitu sertifikasi NLP (Practitioner, Master Practitioner, Train The Trainer NLP) dengan menembak kota Surabaya, Solo, Jogja dan Semarang. 

Di tahun itu belum banyak Trainer yang menulis di blog seperti ini, maka ketika klien mencari kata kunci belajar NLP Indonesia, maka yang muncul seringnya adalah blog hidupbaru.net - Kemudian sosial media mulai ramai, dan literasi digital mulai terbuka, ditambah dengan sharing-sharing gratis di Youtube maka optimasi kata kunci NLP Indonesia mengalami banyak perubahan. 

di tahun 2023- (Hampir sembilan tahun) jadi Master Trainer NLP, aku memutuskan ikut mentoring bisnis Training yang diselenggarakan oleh Kang Isman Trainindo, di sana saya belajar bahwa Arah Training sekarang berubah menjadi Learning center : dan mengarahkan

 Topik-topik Training sesuai dengan kebutuhan pasar sbb :

  1. Analytical Thinking 
  2. Creative Thinking 
  3. Resilience, flexibility and Agility 
  4. Motivation and Self Awareness
  5. Curiosity and Lifelong Learning 
  6. Technological Literacy 
  7. Dependability and Attention to Detail
  8. Emphaty and Active Listening 
  9. Leadership and Social Influence
  10. Quality Control 
Dan Prediksi di tahun 2025- Ada 15 Top Skills yang dibutuhkan :
  1. Analytical thinking and Innovation
  2. Active Learning and learning strategies
  3. Complex Problem Solving
  4. Critical thinking and Analysis
  5. Creativity, originality, and Initiative
  6. Leadership and Social Influence 
  7. Technology design and Programming
  8. Technology Use, monitoring and Control
  9. Resilience, stress tolerance and flexibility
  10. Reasoning, problem solving and ideation
  11. Emotional Intelligence
  12. Troubleshooting and user experinece 
  13. Service Orientation 
  14. Systems Analysis and Evaluation 
  15. Persuasion and Negotiation 
Dari pemaparan daftar kebutuhan skill ini, maka aku memilih untuk menjadikan basic competence mind programing, hypnosis, nlp, coaching, public speaking diramu untuk memenuhinya :

1. Effective Selling Skill
2. Effective Negotiation Skill
3. Public Speaking for Win
4. Stress Management with Hypnosis 
5. Self Coaching for Creativity and Innovation 

Pasar Terbaik saat ini yaitu : Kelas Menjadi Trainer professional
Aku membuka kelas Training ini dengan judul Train The Trainer Motivator 
yang rutin dilaksanakan setiap Sabtu-Minggu Akhir Bulan di Ibis Hotel Semarang. 

Kemudian idenya berubah menjadi sebuah pembelajaran yang sangat fleksibel- tidak melulu di kelas Dari pagi-sore, kadang pembelajaran pun dapat disesuaikan misalnya : melalui 
1. Online Training 
2. Offline Training 
3. Hybrid 
4. MIX dari ketiganya plus tugas-tugas yang wajib dikerjakan dan diselesaikan oleh masing-masing Trainer, contohnya : 
a. Membuat Katalog Training 
b. Desain Flyer 
c. Membuat Channel Online 
d. Modul Training 

Sebenarnya Training itu tidak jauh dari : 
1. Content 
2. Delivery 
3. Marketing 

Artinya saat ini, apapun konten yang dibuat baik tulisan, gambar dan video, semuanya tidak bisa dibuat main-main atau asal-asalan saja. Asal buat, upload maka closing terjadi. 
Sejak 2014- aku nyaman membuat tulisan dan postingan di blog, sebut saja saat ini kata kunci : MOTIVATOR Semarang, Motivator Solo, Motivator Surabaya, Motivator Jogja, Motivator Jakarta, Motivator Indonesia sudah mampu mengundang calon klien untuk presentasi. 

Tetapi era sekarang dimana semua sumberdaya sudah sangat lengkap, apa yang tidak ada di youtube, tiktok, instragram, semuanya ada dan banjir bahkan penuh sampai membuat banyak orang kebingungan, karena kuncinya adalah Mentor - Coach -Trainer yang dapat langsung memberikan Bimbingan dan Arahan mencapai Goals. 

Edukasi yang perlu dijelaskan kepada public adalah :
Online Training beda dengan Elearning. Bedanya pada komunikasi dua arah. Elearning sangat murah karena sifatnya satu arah dan tidak ada interaksi. Online Training itu seperti Training offline, bedanya dilakasanakan secara jarak jauh dengan tetap memperhatikan :
1. Waktu
2. Peserta 
3. Trainer 
4. Open Camera and Interaktif 
5. Komitmen belajar 

  • Tanya Jawab Real time 
  • Diskusi Langsung 
  • Latihan sendiri 
  • Praktek kelompok 

Video di atas merupakan serial Online Training Public Speaking, seminggu sekali selama dua bulan full dengan hasil sangat bagus, setiap minggu ada progress yang dilaporkan oleh peserta workshop. 

-
Dalam Online Training, bila peserta hanya menyimak penjelasan, hanya membaca tanpa praktek maka dampaknya yaitu bertambahnya aspek pengetahuan. Perlu diingat bahwa tahu dengan melakukan itu sesuatu yang sangat berbeda seperti jauhnya bumi-langit. Ibarat orang punya blog tetapi jarang diupdate maka traffic pasti hancur, tentu beda bila blog dirawat dengan baik dan tertata isinya maka wajar bila ada blogger berpendapatan Rp 70 juta-400 Juta per bulan. 

Untuk belajar - offline dan online diperlukan tempat khusus, maka hotel dengan meeting room yang kondisuf menjadi pilihan utama untuk kelas offline, dan adanya ruang khusus secara online untuk tertib mute microphone dan open camera menyimak pemaparan Trainer. 

Variasi belajar Online-Offline -Hybrid sangat menentukan tingkat kebahagiaan peserta, antusiasme, maka ruangan training dapat disetting peserta dapat bergerak dengan bebas dan leluasa, Dan hindari ikut training online menggunakan handphone, gunakan laptop/PC, 


DAFTAR KELAS TRAIN THE TRAINER - MOTIVATOR : 
0821.4150.2649


Back to Top