-->

TRANSFORMASI MOTIVATOR ONLINE VIA YOUTUBE

 ENDGAME MOTIVATOR?

Terus terang menulis artikel ini buntu, aku menunggu beberapa saat setelah menulis judul, idenya buntu, sebagaimana profesi motivasi yang sempat diam di tempat karena pandemi covid sembilan sejak 2020-hingga akhir 2021 ini, entah seperti apa di tahun 2022 sebentar lagi. Mungkin ini adalah moment break state. Berpindah dari posisi dari pembicara offline menjadi pembicara online via zoom. 


Coba kita kembali ke zaman dimana personal branding seseorang dibentuk melalui tulisan di media masa, koran, tabloid, siaran radio dan TV. Era dimana komunikasi lebih banyak satu arah, pembicara kepada penonton. Waktu itu, motivator membuat kartu nama dengan menulis dan mencetak, menerbitkan buku di penerbit mayor. Sungguh kesempatan sangat langka untuk tembus media besar, kecuali kita punya keunikan. 

Selanjutnya ketika gelembung dot com mencapai puncaknya, siapapun yang punya akses untuk membuat web, blog, dapat membranding dirinya sebagai motivator. Di sini internet membuat siapapun punya kesempatan yang sama- tetapi terbatas kepada pribadi-pribadi yang punya skill dan sumberdaya untuk update konten dan ide-ide original. Dann Aku termasuk pribadi yang memulai dari peristiwa ini dengan bekal domain hidupbaru.net. 

MOTIVATOR DI SOSIAL MEDIA + YOUTUBE 

Tidak dapat dipungkiri bahwa platform sosial media, youtube, menjadikan materi motivasi tersebar luas, baik teks, video, quote, film, hal ini menjadikan siapapun dapat mengakses materi motivasi kapanpun, dimanapun. Hal ini tentu ada sisi positif dan sisi negatifnya (baca tarnsformasi untuk para motivator). 

Ada juga seseorang yang memulai karier (pembicara)nya dengan membangun channel youtube, sosial media, tiktok sekaligus. Tujuannya berbeda-beda, ada yang fokus sharing - berbagi, hingga monetisasi channel yang dibangun. Monet dengan berbagai macam cara - seperti endorse, jualan, iklan, promosi Training optimasi youtube, dan lain sebagainya. 

Aku beruntung, sebagai youtuber di channel ilyas afsoh per hari ini mendapat 2.159 Subsciber, dan tampaknya semakin lama- semakin bertambah secara otomatis. Aku optimis nanti juga mencapai 10.000 subs sehingga mendapat silver play button dari youtube. 

Kabar baiknya adalah : meskipun break-state dengan Training online via Zoom. Aku bersyukur karena Gusti Allah mengirimkan peserta training materi NLP, Hipnotis, Hypnotherapy, Internet Marketing, Coaching, Public Speaking, peserta dari perorangan, kampus, perusahaan, mahasiswa, dan anak-anak. Artinya ketika profesi Motivator tidak ada job, Profesi Trainer dengan topik khusus : selalu ada permintaan, karena kita experet di sana. 


PERSONAL BRANDING - DIFFERENSIATION - SPESIFIC SPEAKER 

Aku sampai pada satu kesimpulan bahwa meskipun terjadi disrupsi di bidang digital, pandemi, milenial, seseorang yang memiliki personal branding terkuat sebagai spesifik speaker misal di bidang nlp, coaching, public speaking, motivation, hipnoterapi, internet marketing, digital marketing, blogging, atau apapun pilihan yang dipilih semisal youtuber optimizer maka selalu ada saja yang mengundangnya untuk tampil berbicara sebagai expert. 

Memasuki usia 40 tahun, aku memutuskan untuk mejadi pembicara berbasis mind programming, nlp hypno - public speaking, digital marketing optimation, dengan channel blog ini dan channel-channel lain yang saya pilih sebagai media promosi jasa pembicara, trainer, motivator. Menulis blog merupakan pilihan lain yang aku geluti, karena aku suka menulis dan nantinya aku jadikan buku. 

PUBLIC SPEAKING ONLINE TRAINER & MENTORING 

Perjalanan sebagai  Trainer Online Percaya Diri mengantarkanku bertemu dengan klien istri pejabat, anggota dprd, petugas partai, kemudian direferensikan menjadi konsultan pribadi mereka dalam tampil di public, mengatur pola kata, ucapan, kalimat ketika berbicara. 

Menjadi diri sendiri, memiliki nilai-nilai tertinggi yang dibela, sehingga tidak perlu lagi pencitraan, menjadi pembicara yang otentik, personal, dan apa adanya, bebas mengekspresikan diri sebagai penulis, pembicara, konsultan dan sebagai apapun yang membawa berkah, manfaat, meningkatkan taraf hidup banyak orang, transformasi diri. 

Semakin sadar untuk meyadari dan membersihkan lumpur yang mengotori batin, menghilangkan iri, dengki, hasud, sombong, riya, sum'ah, dan berbagai macam penyakit hati, membersihkan diri, melakukan sekecil apapun potensi kebaikan yang kita hadapi hari demi hari. 

Menyampaikan apapaun ilmu, skill, teknik yang benar-benar kita kuasai, kehidupan yang kita sukai, menebar manfaat berdasarkan pengalaman yang kita alami untuk mencerahkan manusia dari penderitaan dunaiwi, menggapai ridlo ilahi, menciptakan surga di muka bumi, membumikan sifat-sifat sejati dalam perbuatan sehari-hari, secara sadar, utuh. 


JASA MOTIVATOR ONLINE 

Mulai hari ini, esok dan selamanya aku tidak lagi risau dengan pencarian jasa motivator virtual, karena fokusku adalah berbagi materi dan kemanfaatan, inspirasi, motivasi. Saya teringat dengan pesan guru saya, motivasi itu seperti mandi setiap hari, meskipun kemarin kita sudah mandi dua kali sehari, hari ini kita tetap butuh mandi lagi, begitu juga motivasi, meskipun kemarin - kita sudah dimotivasi, hari ini kita perlu dimotivasi lagi. 

Idealnya berapa lama motivasi atau training itu dilakukan? Berdasarkan riset yang aku baca, minimal 6 bulan sekali tim kita perlu dimotivasi - dalam bentuk inhosue training, outbond training dan zoom meeting Training Motivation. Maka dap;at dijadwalkan dengan pasangan sebagai berikut : Juni - Desember, Juli-Januari, Agustus-Pebruari, September-Maret, Oktober-April, Nopember-Mei, dan berulang setiap tahun dengan memperhatokan Training Need Analysis - Coaching Performance. 

Tidak Menolak Dipanggil Offline
Fleksibiliti merupakan pilar penting dalam mencapai tujuan, meskipun promosi yang disebutkan untuk online Motivasi tetapi kami bersedia menerima order Motivator Jogja Offline. Seperti kelas sesi sharing dengan tenaga kesehatan atau bimtek anggota dewan dari Bandung. Sesi tatap muka langsung akan diliburkan per 24 Desember - 2 Januari dan Aktif kembali dengan protokol kesehatan per 3 Januari 2022. 
Back to Top