-->

SYARAT MENJADI TRAINER PROFESSIONAL

 Melanjutkan Bahasan Organisasi Bisnis Training, Hal-hal penting untuk menjadi Trainer Professional, Sebagaimana materi Workshop Jurus Rahasia Trainer Professional dan Bisnis Training di Surabaya, ada 3 hal utama yaitu :

1. Kompeten di bidang yang di-Training-kan (punya Core competency) 

Seorang Trainer idealnya memiliki latar belakang yang sesuai dengan bidang training tersebut. Misalnya Training leaderships - sang Trainer berpengalaman memimpin banyak orang di perusahaan / organisasi besar dengan segala macam tantangan yang dihadapi. 

Atau Trainer merupakan orang yang dekat dengan bidang yang ditrainingkan dengan hasil positif, contoh terkait pengembangan diri dan organisasi yang berhubungan manusia, maka Trainer merupakan praktisi dengan kompetensi pembelajaran, pertumbuhan dan perkembangan manusia, contohnya : Neuro-Linguistik Programming, Hypnosis, Coaching, ditandai dengan Sertifikasi. 

2. Memahami Learning Process (ADDIE) 

Analysis : Kebutuhan Training 

Design : Pembelajaran (Output, Metode) 

Development : (Slide Presentation) 

Implementation : Pelaksanaan 

Evaluation : Sebagai feed back dan ini menjadi project jangka panjang, misal dengan menggunakan angka 1 sampai 10 seperti apa dampak dari sebuah Training ? 


3. Mampu memfasilitasi pembelajaran.  

Trainer juga memahami metode pembelajarn, pendekatan pembelajaran konstruktivisme (menggunakan pengetahuan yang sudah dikuasai oleh peserta), pendekatan behaviorisme (menganggap peserta belum tahu), Mampu mengajak peserta interaktif, aktif, terlibat. 

Pesan Trainer : 
Jagalah Integritas profesi trainer dengan menjadi Trainer yang sungguh-sungguh professional, karena setiap perbuatanmu sebagai trainer membawa nama seluruh Trainer di Indonesia," 

Dunia Training lekat dengan :
1. Knowledge 
2. Skill 
3. Attitute 
4, performance 

Tentang KSA, semua Trainer wajib paham, tentang performa Trainer dapat memodel para pembalap dan artist, yaitu sebelum tampil, Selalu berlatih. 

Dalam performa Training : ada simulasi yang mendekati suasana real di lapangan. Misal kelas Public Speaking diusahakan mendekati suasana berbicara di depan banyak orang. Misal seorang direktur yang siap berbicara di forum rapat, memimpin puluhan tim - manajemen. 

Bagaimana Performa Anda, saat Jual Training ? 

 dari Training kemudian lanjut ke  Coaching - Sehingga Training menjadi semakin spesifik. 

Misal Dalam Public Speaking : mengerucut bagaimana berani bicara di depan banyak orang, Menghadapi problem yang komplek - bagaimana leader berfikir simpel - berfikir terbalik. 



 

Back to Top