-->

TRAINER SERTIFIKAT BNSP WAJIBKAH?

 Ada dua jawaban untuk pertanyaan judul di atas, bahwa untuk sertifikat BNSP sesuaikan dengan kebutuhan, kalau dari lembaga / perusahaan yang mensyaratkan harus ada BNSP ya wajib memiliki sertifikat tersebut.tetapi kalau pada konteks kebermanfaatan dan sisi praktis skill dalam kehidupan, kadang tidak membutuhkan sertifikat BNSP, karena yang pentinga adalah solusi praktis. 

Apakah Penting Sertifikasi BNSP? 
Jawabannya sekali lagi sesuaikan dengan kebutuhan kita di dunia training. Kalau butuh : Ambil dan sediakan, Bila tidak dibutuhkan, buat apa juga? 

Di sisi lain sertifikasi BNSP dengan level 1 sampai level tertinggi menjadi tanda/ bukti kompetensi seseorang yang telah mengikuti pembelajaran, sekaligus sertifikasi BNSP merupakan bisnis Training, bisnis dengan embel-embel diakui oleh pemerintah. 

Kita sebagai Trainer, yang fleksibel, boleh ikut bermain, boleh juga membuat mainan kita sendiri, ada jalur formal dan ada jalur non formal. Yuk Bertumbuh bersama. Dan tulisan ini sebagai break state menulis dunia training di Blog Trainer Motivator Indonesia. 


Kalau video di atas merupakan Training Private Family coaching untuk Keluarga CV Aryati Sayung Demak Jawa Tengah. Dimana Trainer dan peserta sudah saling kenal dan saling support untuk mencapai outcome : Jago Presentasi dan Percaya Diri di depan Banyak Orang. 

Selesai kelas Public Speaking : 
Ada agenda berikutnya yaitu belajar Slef hypnotehrapi dan Leaderships NLP, NLP Coaching, Selling with Mind programming. Digital Marketing for reseller. 

Mungkin Anda berfikir dengan mengantongi sertifikasi BNSP Anda bakal jadi Trainer Laris?  Jawabannya mungkin iya, mungkin tidak, karena laris itu berkaitan dengan marketing, segmentation, targetting, dan positioning, branding!. 

Singkatnya BNSP itu berkaitan dengan Undang-Undang  Pasal 18 ayat (5) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Badan ini bekerja untuk menjamin mutu kompetensi dan pengakuan tenaga kerja pada seluruh sektor bidang profesi di Indonesia melalui proses sertifikasi kompetensi kerja bagi tenaga kerja, baik yang berasal dari lulusan pelatihan kerja maupun dari pengalaman kerja.

Sebagai Trainer, Anda dapat mulai belajar dan sharing kepada senior Trainer tentang perlu tidaknya sertifikasi BNSP di Profesi Anda. DAn saya dapat dua jawaban dari dua trainer berbeda : 
1. Wajib 
2. Tidak Wajib 

selalu ada hal menarik untuk dicermati dan dipelajari di dunia Training. Karena itulah selalu open mind terhadap hal-hal baru yang terus tumbuh, bergerak dan berubah. Kecuali Anda bergerak dengan pasar Privat - one on one yang memnag tidak membutuhkan kualifikasi karena diri Anda sebagai Trainer benar-benar unik dan tidak ada duanya. manusia yang tidak tergantikan!

Back to Top