-->

Pentingnya Keterampilan Komunikasi untuk Meningkatkan Motivasi Kerja

| 3:16 AM |

 


Pentingnya Keterampilan Komunikasi mulai disadari oleh banyak orang. Dalam dunia kerja, keberadaan poin ini sangat vital. Di dunia kerja sendiri terdapat dua istilah yaitu hard skill dan soft skill. Hard skill adalah kemampuan untuk mengerjakan jobdesk.

Misal seseorang memiliki posisi sebagai desainer, hard skill yang dimilikinya pasti di bidang desain. Untuk soft skill sendiri berbeda. Ini adalah penunjang agar motivasi kerja semakin meningkat. Dengan peningkatan motivasi, pekerjaan sendiri akan menjadi lebih baik.

Ada banyak jenis soft skill yang bisa dibahas. Namun untuk sekarang, komunikasi adalah poin yang sangat penting. Setiap orang pasti memiliki kemampuan untuk berkomunikasi.

Namun tidak semuanya memiliki skill komunikasi tinggi. Beberapa bahkan merasa kesulitan untuk bertemu dengan orang-orang baru. Masalahnya, soft skill ini wajib dimiliki.

Di luar sana, ada banyak seminar-seminar yang menjabarkan tentang cara berkomunikasi secara baik dan benar. Seminar semacam itu selalu dipenuhi banyak orang walaupun dipatok dengan harga lumayan tinggi.

Pentingnya Keterampilan Komunikasi di Tempat Kerja

Ketika berbicara tentang komunikasi, ini jelas merupakan hal yang sangat penting. Ada banyak manfaat yang akan didapat di tempat kerja jika memiliki kemampuan komunikasi dalam kondisi baik. Berikut akan dibahas secara lengkap mengenai manfaat tersebut.

1.     Team Building

Manfaat pertama berhubungan dengan team building. Team building bukanlah hal yang mudah untuk dibangun. Dalam sebuah tim, pasti terdapat banyak orang dengan latar belakang berbeda.

Untuk menggabungkan berbagai latar belakang tersebut, dibutuhkan proses dalam waktu lama. Kalaupun tidak memiliki kemampuan berkomunikasi, team building akan tetap terbangun. Namun perbedaan akan terlihat dari segi waktu.

Disinilah pentingnya keterampilan komunikasi akan terlihat. Semakin baik kemampuan komunikasi seseorang, semakin cepat juga orang tersebut bisa menyesuaikan diri di sebuah tim.

Coba saja bayangkan sebuah tim yang di dalamnya tidak ada komunikasi secara efektif. Itu jelas merupakan tim yang tidak memperlihatkan kesan positif.

2.     Produktivitas

Produktivitas di tempat kerja merupakan hal yang sangat penting. Dengan semakin meningkatnya produktivitas karyawan, upaya meraih target akan semakin mudah.

Pentingnya keterampilan komunikasi juga sangat terlihat pada poin ini. Dalam sebuah perusahaan, setiap orang pasti memiliki jobdesk nya masing-masing.

Namun bukan berarti seseorang tidak membutuhkan orang lain. Jobdesk tersebut biasanya saling berhubungan antara satu sama lain. Jika komunikasi antar karyawan tidak terjalin, penyelesaian jobdesk akan terasa semakin sulit.

Misal karyawan A akan bisa mulai bekerja ketika jobdesk karyawan B telah selesai. Jika tidak ada komunikasi, sulit bagi karyawan A untuk mengetahui apakah karyawan B sudah mengerjakan tugasnya atau tidak.

Ini membuat karyawan A akan terus menunggu dan tidak mulai bekerja. Hal tersebut jelas memperlihatkan kondisi yang tidak produktif.

3.     Toleransi

Selanjutnya berbicara tentang toleransi. Ketika berbicara tentang tempat kerja, tidak semua orang berasal dari latar belakang yang sama. Perbedaan ras dan agama sangat mungkin muncul.

Dari perbedaan tersebut, dibutuhkan toleransi agar lingkungan kerja tetap kondusif. Yang jadi masalah, perbedaan ini tidak mudah untuk diketahui. Agar lebih mudah mengetahuinya, komunikasi sangat dibutuhkan.

Oleh sebab itu, pentingnya keterampilan komunikasi untuk meningkatkan motivasi kerja bukan hal yang boleh diremehkan. Sikap saling menghargai akan lebih mudah ditampilkan dalam prosesnya.

Jika toleransi tidak dirasakan, motivasi kerja seseorang pasti akan menurun. Namun selalu ingat kalau sikap toleransi perlu dilakukan secara dua arah. Jangan sampai hanya memperlihatkan sikap toleransi kepada orang lain namun diri sendiri terlihat disulitkan.

4.     Aturan

Aturan di tempat kerja tidak selalu sama. Kadang kala, terdapat aturan-aturan baru yang dimunculkan. Dalam dunia kerja, terdapat dua jenis aturan yang perlu diingat. Kedua jenis tersebut antara lain aturan tertulis dan verbal.

Untuk aturan tertulis, ini biasanya merupakan aturan yang datang dari manajemen perusahaan. Ketika aturan semacam ini dibuat, pengumuman pasti langsung diberikan.

Pentingnya keterampilan komunikasi untuk aturan tertulis hanya untuk memperjelas supaya tidak ada kesalahan dalam penerapannya. Namun lain halnya dengan aturan verbal. Ini adalah aturan yang dibuat atas persetujuan karyawan satu dan yang lain.

Karena sifatnya tidak tertulis, dibutuhkan komunikasi supaya bisa mengetahuinya. Jika Anda adalah karyawan baru, bertanyalah kepada orang yang sudah bekerja lebih lama.

5.     Pemahaman Karakter

Karakter setiap orang berbeda-beda. Ketika pertama kali bertemu, seseorang bisa saja terlihat menyebalkan. Namun ketika sudah memahami karakternya, akan muncul kepahaman dalam diri sehingga hal semacam itu diwajarkan.

Oleh karena itu, pemahaman karakter akan menjadi hal penting. Jangan sampai melakukan kesalahan dengan melakukan justifikasi tanpa memahami karakternya terlebih dahulu.

Dalam proses pemahaman karakter, pentingnya keterampilan komunikasi sangat terlihat. Ketika berkomunikasi, seseorang pasti menceritakan tentang dirinya. Disinilah karakter sebenarnya akan terlihat.

Seseorang bisa saja mengetahui alasan dibalik munculnya suatu karakter. Dengan adanya hal ini, motivasi kerja jelas akan meningkat.

6.     Penyelesaian Konflik

Konflik adalah hal yang pasti ada di tempat kerja. Namun masalahnya, tidak semua orang memiliki pengetahuan tentang cara penyelesaian konflik.

Padahal, konflik yang berlarut-larut hanya akan membuat motivasi kerja menurun. Dalam penyelesaian konflik, salah satu poin paling penting adalah inti masalah.

Biasanya dua pihak yang terlibat konflik hanya mementingkan ego masing-masing tanpa memahami inti masalahnya. Oleh karena itu, pentingnya keterampilan komunikasi akan terlihat.

Dengan adanya komunikasi, bisa dibuat obrolan dengan kedua belah pihak sehingga inti masalahnya akan diketahui. Ini jelas membuat jalan menuju penyelesaian masalah menjadi lebih cepat.

7.     Pengambilan Keputusan

Dalam mengambil sebuah keputusan, dibutuhkan pertimbangan dalam berbagai aspek. Ini diperlukan agar keputusan yang diambil adalah keputusan terbaik.

Selain itu, dibutuhkan juga komunikasi dengan semua karyawan yang terlibat. Dengan itu, akan diketahui respons dari karyawan terkait keputusan yang akan diambil.

Pada kondisi ini, pentingnya keterampilan komunikasi jelas sangat terlihat. Dengan adanya soft skill tersebut, cara pandang dari setiap karyawan bisa diketahui.

Bisa saja ditemukan cara pandang baru yang ternyata lebih baik. Oleh sebab itu, komunikasi merupakan hal penting dalam pengambilan keputusan.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa mengambil pendapat dari setiap karyawan bukan perkara mudah. Namun setidaknya, keterampilan komunikasi membuat tanggapan dari peserta rapat bisa diketahui.

8.     Semangat

Poin terakhir dalam pentingnya keterampilan komunikasi adalah untuk peningkatan semangat. Ketika seseorang sudah tidak semangat, motivasinya pasti menurun.

Hal tersebut jelas akan memengaruhi poin-poin yang dijelaskan sebelumnya. Namun untuk poin semangat ini, dibutuhkan konsistensi dalam kondisi tinggi. Pastikan untuk selalu berkomunikasi dengan cara yang tepat.

Bagi beberapa orang yang belum terbiasa, ini merupakan perkara sulit. Oleh sebab itu, pengetahuan tentang komunikasi sendiri perlu terus diasah. Dengan mengasahnya, semangat di tempat kerja akan terus terjaga.

Komunikasi ini penting jika ingin terus bertransformasi menuju hidup yang lebih baik. Kami dari hidupbaru.net memberikan perhatian lebih pada bidang ini.

Oleh sebab itu, menggunakan jasa kami ketika menginginkan transformasi tersebut adalah pilihan tepat. Ada banyak skill yang ke depannya akan diajarkan. Tentu ada banyak juga hal lain yang akan dijelaskan selain pentingnya keterampilan komunikasi.




PRIVAT PUBLIC SPEAKING

Back to Top