-->

DUNIA TRAINING tentang MENYUSUN PEMAHAMAN

| 12:57 AM |

 Saya hadir sebagai Peserta Training di Kota Surabaya di Santika Hotel pada Bulan Agustus 2016, Saya datang naik kereta Api dan memesan taxi blue bird dari Stasiun pasar Turi menuju Hotel. Tapi saya lupa apakah saya langsung ke Hotel atau menginap dulu di rumah Bapak di gresik, Training itu 7 Tahun yang lalu, dan siang ini saya buka kembali modul pelatihan menjadi Professional Trainer. 

Saya disuguhi suatu fakta bahwa Bisnis Training itu perlu organisasi, butuh legalitas semacam CV, PT, LKP - suatu badan hukum. Di dalam bisnis Training butuh seorang pemimpin yang memiliki Good Communication dan attitude positif plus. 

Trainer yang memberikan Training waktu itu ada 3 orang : 
1. Master Trainer Expert di bidang Learning 

2. Trainer Public Speaking terbesar di Jawa Barat 

3. Event Organizer Expert 

Di awal Training, kami belajar menyusun pemahaman tentang dunia training, waktu itu saya sudah menjadi Trainer dengan bidang keahlian public speaking, nlp, hipnosis, digital marketing, writing. Pulang dari Training- saya menjadi terinspirasi untuk menjadi Trainingpreneur, membuka kelas Training of Trainer Motivator TOTM. 

REDEFINE PROFESSIONAL TRAINER 

Saya mendapat nasehat dari MAster Trainer yang mengajar kala itu bahwa dunia Training perlu dijaga kualitasNya, maju bersama, dan memiliki gairah belajar dan bertumbuh bersama antar para Trainer. Satu saja oknum trainer merusak citra Training maka dampaknya dapat berpengaruh kepada Trainer lainnya. 

"Jangan menerima project training yang kita tidak siap, tidak kompeten di bidang tersebut," Contohnya apa dan bagaimana? Misal kalau basic Anda public speaking, jangan terima orderan terkait training leadership atau effective selling skill, service excellent. 

Solusinya kolaborasi dengan menggandeng Ilyas Afsoh Institute sebagai expert di bidang Training. Solusi lainnya adalah Anda melakukan magang di lembaga training, ikut kegiatan senior trainer, bawa laptop dan setting infocus, buat powerpoinnya. 

Cara lain yaitu dengan memberikan Training Gratis di perusahaan /corporate , dan Anda melakukan riset di sana, memberikan quesioner, interview dan pengamatan terhadap object di perusahaan. Perhatikan bagaimana dampak Training Anda terhadap bisnis klien? UP Skill - ReSkill. 



 HIPNOTIS TRAINING PROFESSIONAL, MUNGKINKAH?

Melebar ke satu topik bahasan yang menarik dan asyik yaitu hipnosis Training, dimana banyak trainer mengawali kariernya dengan belajar hipnosis dan hipnoterapi, instruktur, professional hypnotherapy. Dimana waktu itu ramai dipelopori oleh Pak Yan Nurindra (Bapak Hipnoterapi) Sejak 2002. 

Bila kita kupas secara bagian per bagian, Training Hipnotis merupakan pelatihan singkat dalam 8 jam untuk tiap level dengan standart IBH Indonesian Board of Hypnotherapy Biasanya dilaksanakan di Hotel dengan format teori 30% dan praktek 70%. 

Mengapa Trainer perlu belajar hipnosis? 
Sebab hipnosis mempelajari tentang dunia bawahh sadar manusia, dimana kesadaran seseorang itu dimodelkan oleh Sany Mc Gregor  dalam piece of mind : Perbandingan pikiran sadar dan bawah sadar manusia itu antara 20-80% dengan dominan terbesar adalah subconscoious mind. 

Di artikel ini spesifik membahas hipnoterapi, dimana Trainer adalah seorang yang telah menyelesaikan pembelajaran sertifikasi CH - CHt dan CI dari IBH. Dan diberikan legalitas hak untuk menyelenggarakan training versi standart dan mutu IBH. Sebab di luar sana, ada juga Trainer yang baru belajar CH/CHt dan belum Sertified CI membuka kelas pelatihan hipnosis. 

CORPORATE TRAINING - INHOUSE TRAINING 

Perlu kita pahami bahwa, selain pasar personal training, public training juga Corporate Coaching, inhouse training dengan budget yang sangat besar dari perusahaan. Tetapi di sini kita pahami bahwa Training dengan biaya yang sangat besar bukan hanya seremonial semata. 

Bersambung 
ILYAS AFSOH - 0821.4150.2649
Back to Top