-->

INGIN MENJADI LEBIH PERCAYA DIRI ?

PENGARUH PERCAYA DIRI 

Kepercayaan diri ini banyak memengaruhi dalam kehidupan sehari hari. Tidak hanya memudahkan seseorang dalam berinteraksi dan menyampaikan pendapatnya namun juga memengaruhi diri ketika ingin melakukan sesuatu. 

Banyak di lingkungan kita yang masih merasa kurang percaya diri dalam melakukan suatu hal, ketika memulai aktivitasnya bahkan saat menjalani aktivitasnya. Apakah kamu kesulitan untuk merasa percaya diri dan masalah tersebut sudah sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Yuk mari ikuti langkah ini.

1.    Keluar dari zona Nyamanmu!

 Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah berani keluar dari zona nyamanmu. Mungkin sebagian orang merasa berat ketika harus keluar dari zona nyaman. Namun perlu sekali dirimu harus berproses dengan melakukan sesuatu yang baru, berani untuk mengambil resiko, dan jangan takut untuk belajar dari kegagalan. Umumnya, pasti kamu akan dibayangi dengan kegagalan sebelum melangkah, pengalaman-pengalaman masa lalu yang masih terbayang di dalam diri kita. Tapi, ketika kita yakin bahwa  keputusanmu untuk keluar dari zona nyaman itu pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan.

2.    Membuat Tujuan yang ingin kamu capai, .

Kedua buatlah goals atau tujuan yang ingin kamu capai dengan memulai dan berkomitmen pada tujuan yang sederhana terlebih dahulu, kamu akan belajar untuk mempercayai diri sendiri dan mendapatkan keyakinan pada apa yang mampu kamu capai. Ketika kamu punya tujuan yang ingin dicapai tentu akan meningkatkan rasa percaya diri kamu untuk melangkah.

3.   Memprioritaskan Self Care dengan mencintai dirimu. 

Selanjutnya kita perlu merawat diri dengan baik, seperti merawat penampilan. Tidak hanya itu, kamu juga jangan terlalu keras pada dirimu sendiri. Maka cintailah dirimu dan jangan terlalu sering memikirkan tentang bagaimana cara menyenangkan hati orang lain saja.

4.  Membangun Kebiasaan Berfikir BIJAKSANA 

Membangun kebiasaan berfikir BIJAKSANA ini sangat perlu meningktakan rasa percaya diri kita, ketika pikiran kita selalu dihadapkan dengan hal-hal yang bijaksana tentunya akan membangun mental kita menjadi lebih siap dan lebih berani dalam bertindak. Kamu bisa memulai dengan berlatih untuk berfikir atau menulis pernyataan yang memberdayakan dan membangun bagi diri sendiri. Misalnya, “aku adalah orang yang berharga”. Sehingga ketika kamu sedang merasa tidak percaya diri, kamu bisa coba katakan kepada dirimu “Aku bisa melakukan ini”.

5.  Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain, 

dan yang paling pengkin kamu juga jangan bandingkan diri kamu dengan orang lain. Ketika kamu membandingkan dirimu dengan orang lain, kamu akan sulit merasa puas dengan dirimu sendiri, artinya kamu masih membutuhkan validasi dari orang lain untuk segala hal yang berkaitan dengan dirimu. Cobalah percaya dengan apa yang telah kamu miliki dan belajar bersyukur akan hal itu.

    Jadi perlu proses belajar dan yang paling penting kemauan dari diri kita sendiri, sehingga kamu akandapat merubah hidupmu menjadi pribadi yang lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas sehari hari, 

bahkan bukan menjadi masalah lagi ketika kamu dihadapkan dalam situasi-situasi yang harus berani tampil di lingkungan sosial bahkan lingkungan kamu. Semoga bermanfaat.


6. CONTOH PERCAYA DIRI 

PD perlu dilatih, dengan sengaja melalui latihan demi latihan- diantaranya latihan bicara di depan banyak orang dengan mantap. Berikut Video Training Public Speaking Mahasiswa Undip Semarang Jawa Tengah. 


Baca Juga : Menuntut Hidup Lebih Baik

PRIVAT PUBLIC SPEAKING

Back to Top