-->

“Hidup kok gini-gini aja” Yuk Pahami Tujuan Hidupmu!

| 6:37 AM |



Kadang-kadang ketika kita lagi lelah setelah beraktivitas seharian atau mungkin lagi merasa tidak ingin melakukan apa-apa pasti sering berfikir “Hidup kok gini-gini aja”, “Sebenarnya apa sih tujuan hidupku ini?”, pastinya akan dialami kebanyaan orang yang kesehariannya penuh dengan pekerjaan.

Ketika ditanya “apa tujuan hidupmu?” kebanyakan orang mungkin akan menjawab “hidup sesuai dengan passion kamu”. Hmm, tapi apakah benar bahwa tujuan hidup kita hanya mengenai passion atau hal yang kita sukai saja? Oleh sebab itu yuk kita pahami apa sih tujuan hidupmu?

Nah, untuk memahami tujuan hidup, kita dapat belajar dari ikigai, yakti suatu konsep dari jepang yang berarti “alasan untuk hidup” serta ikagi juga bisa dipahami sebagai “alasan untuk bangun” lho

Untuk menemukan ikigai, kamu perlu melakukan hal yang kamu senangi, dapat melakukannya dengan baik, mendapatkan bayaran dari hal tersebut, dan depat berkontribusi bagi orang lain, Dengan kata lain, tujuan hidup tidak hanya mengenai melakukan hal yang kita sukai saja ya.

1. Hal yang kamu sukai

Setiap orang pastinya punya sesuatu hal yang bisa memberikan dia kesenangan dan ketika melakukannya kamu semangat. Kamu mungkin menyukai seni, berolahraga, memasak, berkebun, dan sebagainya.

2. Hal yang kamu kuasai

Hal yang bisa kamu lakukan dengan baik dapat berasal dari hal yang kamu pelajari maupun dari bakat, apabila kamu merasa dirimu tidak memilikinya, kamu bisa terus mencoba banyak hal ya, bahkan, tidak salahnya juga lho untuk mencoba hal-hal di luar zona nyamanmu.

3. Hal yang dunia butuhkan

Tidak hanya mengenai hal yang disukai dan dikuasai, apabila hal tersebut tidak memberikan manfaat bagi orang lain maka hal tersebut sia-sia saja. Sebab, memberikan perubahan bagi orang lain dapat membuat hidup kita lebih bermakna dan memberikan kesenangan tersendiri.

4. Kamu dibayar akan hal itu

Uang memang bukanlah segala-galanya yah, namun tidak dipungkiri kita semua membutuhkan uang untuk membeli makanan, pakaian, rumah, dsb. Bayangkan saja, kamu melakukan hal yang kamu senangi, kuasai, dan memberikan manfaat bagi orang lain, namun kamu kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pastinya, kamu bisa merasa stres, bukan?

Untuk mencapai ikigai, kamu perlu menyeimbangkan 4 hal tersebut, yakni kamu melakukan hal yang kamu sukai, hal yang kamu kuasai, hal yang dunia butuhkan, kamu dibayar akan hal itu. Dengan itu kamu paham sih apa yang menjadi tujuan hidupmu?. Semoga bermanfaat.


Simak Artikel : Tambahan Prespektif Tujuan Hidup 

PRIVAT PUBLIC SPEAKING

Back to Top