-->

Pentingnya Self Love untuk Kesehatan Mental

| 9:25 PM |

Pernah dengar konsep tentang self-love alias mencintai diri sendiri? Konsep ini sering diartikan dengan “memanjakan” diri sendiri dan mencintai diri sendiri secara utuh. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan pengertian tersebut. Namun, lebih dari sekadar memanjakan diri, nyatanya self-love memang dibutuhkan untuk kesehatan mental. Apa alasannya?

Mencintai diri sendiri alias self-love disebut bisa membantu menjaga kesehatan mental seseorang. Di tengah aktivitas harian dan tugas-tugas yang harus diselesaikan, membuat siapa saja rentan mengalami kelelahan secara fisik maupun mental. Kondisi ini sering berujung pada masalah kesehatan mental, misalnya stres, depresi, serta kehilangan semangat untuk menjalani hidup. Dan semua masalah tersebut nyatanya bisa diminimalisir dengan menerima dan mencintai diri sendiri.

Nah sobat akhirnya tahukan, self love adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan, lho. Mengapa? Dengan terbiasa untuk mencintai diri sendiri, akan membuat kita terus berpikir positif, dan menerima diri sendiri apa adanya.

Selain itu, self love adalah salah satu cara penting dalam menjaga kesehatan mental kita. Namun tidak hanya itu, masih ada banyak manfaat self love bagi kesehatan mental dan fisik kita, lho. 

·     Terbiasa hidup sehat, Mungkin saat membaca manfaat satu ini kita masih merasa aneh. Tapi ini benar, lho. Karena memang salah satu manfaat dari self love adalah membantu kita untuk hidup sehat. Kita akan berusaha untuk selalu memberikan hal yang terbaik bagi diri sendiri; mengonsumsi makanan sehat salah satunya.

·      Membantu mengurangi rasa cemas, Manfaat self love lainnya adalah membantu kita mengelola dan mengurangi rasa cemas berlebih hingga stres. Hal ini karena mencintai diri sendiri, akan membuat kita berusaha menerima diri sendiri apa adanya. Bahkan hal ini membuat kita menjadi lebih percaya diri. Dengan begitu, kita menjadi lebih puas dan bersyukur dengan kehidupan yang kita jalani. Tanpa disadari, ke depannya akan berpengaruh dalam mengatasi rasa cemas dan stres yang sering kita alami.

·       Meminimalisir risiko gangguan mental, Dalam jangka panjang, sering merasa kesulitan menerima diri sendiri berisiko menyebabkan kita stres. Jika tidak segera ditangani, bisa mengganggu kesehatan mental kita.

 

Cara Melakukan Self Love

Sekarang sudah tahu, kan, apa saja manfaat self love bagi kesehatan tubuh dan mental kita? Lantas, bagaimana cara melakukan? Berikut beberapa cara melakukan self love:

·     Coba kenalan dengan diri sendiri, Langkah pertama melakukan self love adalah berkenalan dengan diri sendiri. Kenalan dengan diri sendiri tidak hanya sekadar; siapa nama kita, dan apa hobi kita saja. Kita harus mulai belajar mencari tahu; apa mimpi kita? Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan kita? Dengan mengetahui hal-hal mendasar seperti ini akan membantu kita lebih paham dan mencintai diri sendiri.

·       Menjaga kesehatan tubuh, Salah satu cara mencintai diri sendiri juga bisa dimulai dengan menjaga kesehatan tubuh. Sederhana, kita bisa mulai dengan mengonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, istirahat cukup; meningkatkan kualitas tidur, dan beberapa pola hidup sehat lainnya.

·        Jangan membandingkan dengan orang lain, Membandingkan diri sendiri dengan orang lain tidak akan ada habisnya. Bahkan, bisa-bisa  membuat kita semakin merasa selalu “kurang”, dan membuat kita jadi semakin stres.

·    Belajar memaafkan diri sendiri, Belajar memaafkan diri sendiri juga menjadi salah satu cara mencintai diri sendiri yang tidak kalah penting. Tanpa disadari, kita sering terlalu keras pada diri sendiri. Bahkan, tidak jarang selalu menyalahkan diri sendiri dengan apa yang terjadi.

Nah, itulah beberapa alasan pentingnya mencintai diri sendiri, dan bagaimana memulainya. Jika dirasa masih sulit menerima diri sendiri, dan ingin memahami lebih jauh, pastikan segera konsultasikan dengan ahli atau psikolog, ya.

Semoga bermanfaat!

Penulis, Achmad Aziiz, S.Psi




PRIVAT PUBLIC SPEAKING

Back to Top